10 Rekomendasi Film Tentang Drakula serta Vampir

10 Rekomendasi Film Tentang Drakula serta Vampir

Jakarta, CNN Nusantara —

Sejak zaman,   drakula dan vampir menjelma pilihan karakter yang muncul di dalam film horor, baik di Barat maupun Asia. Karakter itu biasanya memiliki kesamaan: sama-sama mengisap pembawaan.

Drakula sejatinya aksara vampir ciptaan Bram Stoker di 1897 yang digambarkan berasal daripada kawasan Transylvania atau sekarang Rumania, dengan kelemahan terhadap bawang suci, sinar matahari, serta salib.

Banyak film yang dibuat berdasarkan novel tersebut. Film perdana yang mengadaptasi adalah Nosferatu di dalam 1922, namun baru secara sah diangkat sebagai film melalui Dracula pada 1931.


Tatkala itu, China menjadi negara dengan sering mempopulerkan vampir di Asia, kemudian diikuti dengan Korea Daksina. Berikut sederet judul film tentang drakula dan vampir yang mampu masuk dalam daftar rekomendasi.

Bram Stoker’s Dracula (1992). (dok. Columbia Pictures per IMDb)

1. Dracula (1931)

Film tersebut menjadi salah satu yang menyusun kalimat “I am dracula” menjelma ikonis  dan populer hingga zaman ini. Dracula dibuat berdasarkan pengejawantahan teater karya Hamilton Deane serta John L. Balderston serta novel berjudul serupa karya Bram Stoker.

Dracula menceritakan Count Dracula yang pindah dari Transylvania ke Inggris dan mencari target di kalangan manusia, termasuk tunangan seseorang.

Hal itu bermula ketika Renfield yang berprofesi sebagai pengacara mengunjungi kastil Dracula untuk urusan usaha yakni niatan Dracula menyewa Pertapaan Carfax di London. Setelah itu, Dracula menghipnotis Renfield dan pergi ke London keesokan harinya.

Di London, Dracula bertemu Seward bersama putrinya, Mina dengan merupakan tunangan John Harker & keluarga temannya Lucy Weston.

Dalam pertemuan itu, Lucy tertarik dengan Dracula. Hal tersebut ‘terendus’ oleh Dracula yang lalu masuk ke kamar Lucy dan menggigitnya.

Sementara itu, Renfield mulai semakin aneh secara memakan lalat dan laba-laba. Kabar tersebut sampai ke telinga Dr. Van Helsing yang kemudian melangsungkan penelitian terhadap Renfield dan membuatnya berhadapan dengan Count Dracula.

Van Helsing menyiapkan muslihat untuk melawan Dracula. Film ini dibintangi Bela Lugosi, Helen Chandler, David Manners, dan Dwight Frye.

[Gambas:Youtube]

2. Nosferatu: Phantom der Nacht (Nosferatu the Vampyre) (1979)

Nosferatu The Vampyre merupakan film yang dibuat ulang dari Dracula. Film ini dibintangi Klaus Kinski, Isabelle Adjani, Bruno Ganz, dan Roland Topor.

Film ini menceritakan Jonathan Harker, agen real estate dalam Wismar, Jerman, yang mendapatkan klien bernama Count Dracula. Pekerjaan membuatnya meninggalkan sang istri, Lucy, pada Jerman dan dia melakukan penjelajahan ke kastil Count Dracula dalam Transylvania.

Sepanjang perjalanan, orang-orang sekitar menasihatinya untuk pusing balik dan menjauhi kastil itu. Mengabaikan nasihat itu, ia meneruskan perjalanan dan masuk ke kastil Dracula. Di sana, ia tiba merasakan keanehan.

Di dalam kastil, Count Dracula melihat foto Lucy ketika sedang kecil dan menarik perhatiannya. Peristiwa itu mendorongnya langsung setuju mengambil properti Wismar, terutama ketika menyelami mereka akan menjadi tetangga.

Harker menghabiskan malam dalam sana dan mendapatkan mimpi buruk. Di saat yang bersamaan, Lucy juga diteror lewat bayangan dan angan-angan yang menyeramkan. Kondisi memburuk ketika Harker malah menjadi tawanan di kastil sedangkan Count Dracula pergi ke Wismar.

[Gambas:Youtube]

3. Bram Stoker’s Dracula (1992)

Bram Stoker’s Dracula diadaptasi dari novel klasik Stoker yang terbit pada 1897. Film dengan disutradarai Francis Ford Coppola tersebut dibintangi oleh Gary Oldman, Winona Ryder, Anthony Hopkins, dan Keanu Reeves.

Film dimulai dengan perang di Turki Konstantinopel pada 1462. Vlad Dracula adalah prajurit yang memperjuangkan Kristen maka meninggalkan istrinya, Elisabeta.

Keinginan bertemu istri mendorongnya berjuang keras dalam perang supaya lulus dan bisa pulang. Namun, bukti pahit harus dihadapi karena sang istri malah bunuh diri.

Ratusan tahun berlalu hingga pada 1897 hadirlah Jonathan Harker, seorang notaris yang memiliki istri bernama Mina. Penampilan Mina sangat mirip dengan Elisabeta.

Permasalahan dimulai kala Dracula menjadi klien Harker. Masa berada di kastil Dracula, Harker tak sengaja mengeluarkan foto Mina yang menarik perhatian Dracula.

Sejak saat itu, Dracula memikirkan banyak cara serta siasat untuk membuat Mina bisa bersamanya, seolah membangkitkan kembali Elisabeta.

[Gambas:Youtube]

4. Dracula: Pages from A Virgin’s Diary (2003)

Dracula: Pages from a Virgin’s Diary merupakan film horor bisu karya sutradara Guy Maddin. Film ini dibintangi Zhang Wei-Qiang, dan Tara Birtwhistle.

Film ini berasal pada 1987 ketika seorang pengunjung dari Asia, Count Dracula, muncul di London dan diundang ke rumah Lucy Westenra. Hanya pada waktu singkat, ia digigit Dracula dan membuat dirinya menjadi tak stabil hingga mengigit tunangannya.

Hal itu membuat Lucy dibawa ke Dr. Van Helsing untuk mendapat perawatan. Lucy dibuat tidur dalam tempat tidur berhiaskan bawang putih. Van Helsing pun berniat melawan Dracula. Ia menjelma mata-mata bersama rekan Lucy.

Dracula: Pages from a Virgin’s Diary sejatinya disebut-sebut jadi pertunjukan balet dari Bram Stoker’s Dracula yang mengedepankan unsur ekspresionistik.

[Gambas:Youtube]

5. Horror of Dracula (1958)

Horror of Dracula menceritakan tentang Dr. Van Helsing yang sedang mencari temannya yang hilang, Jonathan Harker. Pencarian itu membawa Van Helsing tiba di kastil Count Dracula.

Setibanya di sana, dia melihat Harker yang belum meninggal di ruang rahasia Dracula. Van Helsing juga menyadari target Dracula sesungguhnya ialah Lucy Holmwood, tunangan Harker yang sedang sakit. Peristiwa itu membuatnya meminta bantuan ahli laki-lakinya, Arthur.

Van Helsing menyiapkan rencana untuk bisa melindungi Lucy dan mengakhiri teror Dracula kepada manusia.

Film ini disutradarai dan dibuat Terence Fisher dan Anthony Hinds. Horror of Dracula dibintangi Peter Cushing, Christopher Lee, Carol Marsh, John Van Eyssen, dan Michael Gough.

[Gambas:Youtube]

6. Hotel Transylvania (2012)

Waralaba Hotel Transylvania merupakan film tentang drakula yang bisa dinikmati bersama segenap anggota keluarga termasuk anak-anak. Selain drakula, film ini juga menunjukkan banyak makhluk lainnya seperti mumi, manusia serigala, Frankenstein dan yang lain.

Hotel Transylvania dimulai pada 2012 dengan kisah Count Dracula (Drac), pemilik hotel yang khusus ditujukan tempat peristirahatan monster-monster di dunia dari hingar-bingar dunia manusia.

Pada urusan ulang tahun ke-18 putrinya, Mavis, ia kedatangan tamu tak terkira yakni Johnny, seorang manusia dengan mengubah kehidupannya 180 derajat.

Perubahan tersebut berlanjut ke Hotel Transylvania dua (2015) yang memiliki latar buntut waktu tujuh tahun setelah hidup pertama.

Kali ini, anggota keluarga Drac mulai bertambah banyak dan ia mulai membuka hotelnya bagi manusia. Namun, ia justru bertemu dengan Vlad, ayahnya.

Sementara itu, seluruh peristiwa yang terjadi dalam dua hidup sebelumnya membuat Drac akhirnya merasakan kesepian.

Mavis yang rindu melihat ayahnya bersenang-senang merencanakan liburan besar bersama seluruh bagian keluarga dan monster lainnya dalam Transylvania 3: Summer Vacation. Penjelajahan itu membuat Drac merasa menemukan cinta sejati yang selama ini hilang.

Transylvania 3: Summer Vacation menjadi film yang mendapat rating tertinggi yakni 62 persen, berdasarkan Rotten Tomatoes, dipadankan pendahulunya yakni 45 persen dan 52 persen.

Kurang artis menjadi pengisi karakter Hotel Transylvania seperti Adam Sandler (Drac), Selena Gomez (Mavis), dan Andy Samberg (Johnny).

[Gambas:Youtube]

7. Blade (1998)

Blade merupakan film satria super dan horor asal GANDAR yang disutradarai Stephen Norrington dan ditulis David S. Goyer. Film yang dibintangi Wesley Snipes itu mengisahkan manusia setengah vampir, Blade.

Hal itu bermula ketika sang ibu digigit vampir ketika mengandung Blade. Gigitan tersebut membuat ibu Blade kritis serta tak bisa diselamatkan. Sedangkan, bayi selamat dan diasuh pria asing yang mengetahui kisah di pulih semua kejadian itu.

Setelah dewasa, Blade memiliki keterampilan amat hebat dan bertekad membasmi seluruh vampir di dunia jadi bentuk balas dendam atas moralitas ibunya serta menjamin keselamatan pribadi.

Sayangnya, niatan Blade diketahui para vampir dan membuatnya menjadi ancaman terbesar makhluk itu.

Blade mendapatkan prakata hangat dari penonton. Dibuat secara budget US$45 juta, film itu meraup untung hingga US$131, dua juta. Capaian itu membuat hidup ini berlanjut ke Blade II (2002) dan Blade: Trinity (2004) yang masih ditulis David S. Goyer.

[Gambas:Youtube]

8. Thirst (2009)

Thirst merawikan Sang-hyun (Song Kang-ho), pendeta sekali lalu penyembuh yang amat dicintai warga sekitar karena memberikan pelayanan pada para pasien. Ia juga benar dihormati karena kesetiaan dan keyakinannya yang teguh.

Secara harapan bisa menyelamatkan satu menewaskan, ia memutuskan menjadi sukarelawan dalam eksperimen berisiko di Afrika. Eksperimen tersebut gagal dan Sang-hyun tertular virus mematikan yang malah membuatnya menjadi vampir.

Setibanya di Korea Selatan, Sang-hyun begitu disambut meriah karena dianggap mempunyai karunia kesembuhan yang ajaib. Para masyarakat sekitar berbondong-bondong menemuinya. Diantara pengunjung tersebut terdapat Kang-woo (Shin Ha-kyun), teman masa kecilnya.

Setelah itu, Kang-woo mengajak Sang-hyun ke rumahnya dan memperkenalkannya kepada sang istri, Tae-ju (Kim Ok-vin). Momen itu membuat Sang-hyun tersadar bahwa telah tertarik apalagi menyukai Tae-ju. Kondisi itu diperumit karena Tae-ju juga menyukai Sang-hyun.

Mengetahui perasaannya bersambut, Sang-hyun mengajak Tae-ju untuk melarikan diri. Ia yakin Tae-ju akan lebih bahagia bersamanya dibandingkan Kang-woo.

Namun, alih-alih menerima undangan kabur, Tae-ju malah menyarankan Sang-hyun untuk membunuh Kang-woo.

Thirst merupakan salah satu hidup hit dari sutradara asal Korea, Park Chan-wook, setelah Oldboy, I’m a Cyborg but That’s Ok, Sympathy for Lady Vengeance, & Sympathy for Mr. Vengeance.

[Gambas:Youtube]

9. Blood: The Last Vampire (2009)

Blood: The Last Vampire merupakan hidup live-action hasil adaptasi dari manga berjudul serupa sekaligus spin-off dibanding serial televisi tersebut.

Film yang dibintangi Jun Ji-hyun, Allison Miller, Liam Cunningham, Masiela Lusha dan Koyuki ini menyingkapkan tentang seorang perempuan bernama Beta yang merupakan setengah manusia & vampir, yang bekerja sama secara manusia untuk menghancurkan Onigen, vampir terkuat dan berkuasa di dunia.

Dalam 1970-an di Tokyo, Saya selama ini diasuh oleh Kato dan bekerja di The Council, sistem rahasia yang memburu vampir semasa ratusan tahun. Ia bergabung karena ingin balas dendam kepada Onigen yang telah membunuh ayahnya.

Demi misi tersebut, ia menyamar sebagai murid SMA Kanto di dekat pangkalan udara GANDAR. Di sana ia bertemu dengan Alice McKee, putri Jenderal Barisan Udara AS. Suatu hal memproduksi Alice akhirnya bergabung dengan Beta untuk melawan Onigen.

[Gambas:Youtube]

10. Vampire vs Vampire (1989)

Vampire vs Vampire merupakan film horor, laga, sekaligus komedi yang disutradari sekaligus dibintangi Lam Ching-ying, Chin Siu-ho, Sandra Ng, Billy Lau, serta Maria Cordero.

Film ini mengisahkan seorang pengusir hantu, pendeta beralis satu (Lam Ching-ying), yang menjalani kehidupan tenang bersama dua muridnya yakni Ah Ho (Chin Siu-ho) dan Ah Fong (David Liu) di sebuah kota kecil.

Namun, hari-hari damai tersebut hilang ketika mereka menemukan persediaan air di desanya terkontaminasi oleh kelelawar. Permasalahan baru muncul ketika mereka menyidik sumur untuk pasokan air terakhir dan menemukan mayat bangsawan Eropa serta vampir Eropa yang biadab.

[Gambas:Youtube]

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]