33 Pemain Muda Lakoni Debut Profesional di Piala Menpora 2021

Jakarta, CNN Indonesia —

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021   sungguh-sungguh jadi sarana memberi tanda terbang kepada pemain muda. Sejauh ini, dalam 26 pertandingan Piala Menpora 2021, sudah ada 33 pemeran muda yang menjalani debut profesional.

Sayangnya, dari 17 klub dengan tampil dalam Piala Menpora 2021, ada dua dengan belum memberi kesempatan debut kepada pemain muda, yaitu Bhayangkara FC dan Bali United. Adapun klub yang paling banyak memberi kesempatan debut adalah Borneo FC dengan enam pemain.

Pesut Etam, nama Borneo FC, bahkan jantan menurunkan pemain berusia 17 tahun, Rabbani Tasnim. Anak Bekasi kelahiran 26 Mei 2003 ini tampil saat Borneo FC kalah 0-4 dari Persija. Dalam debutnya itu Rabbani hanya hadir tiga menit.


Namun, status pemain termuda dengan menjalani debut profesional di Piala Menpora 2021 bukan milik Rabbani, melainkan hak winger Madura United, Ronaldo Kwateh. Pemain berusia 16 tahun ini tampil tiga menit saat Madura United melawan PSS pada 23 Maret 2021.

Sebagai pembanding, rekor pemain termuda dalam kompetisi profesional Indonesia adalah Ramdani Lestaluhu. Itu tercipta pada 4 Agustus 2007, saat Persija menang 3-0 atas Pelita jaya. Dalam debutnya itu Ramdani berusia 15 tarikh sembilan bulan.

Untuk debutan paling sensasional, kiranya layak diberikan pada bek sayap PSIS Semarang, Pratama Arhan. Pemain Timnas Indonesia U-19 ini hadir penuh dalam tiga laga PSIS dengan koleksi besar gol dan dua assist.

[Gambas:Video CNN]

Total debutan ini pun sepatutnya akan bertambah pada Rabu (7/4). Pasalnya ada dua pertandingan yang mempertemukan Persela versus Persik dan PSS kontra Persebaya di Gelanggang Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung.

Guru Persebaya, Aji Santoso mengucapkan, bakal menerapkan rotasi. Pemain muda yang belum hadir dalam tiga laga sebelumnya, yakni Marcelino Ferdinan & Dicky Kurniawan, kemungkinan gembung akan dimainkan. Namun, hal tersebut akan ditimbang matang.

Aji tidak ingin dituding sengaja melepas laga pemungkas babak perserikatan tersebut demi memuluskan modus PSS ke babak perempat final. Apalagi, Bajul Ijo, julukan Persebaya, ingin lolos ke fase berikutnya dengan status juara Grup C Piala Menpora 2021.

“Memang, pada pertandingan besok (melawan PSS) saya pasti akan merotasi pemain karena saya tak ingin pemain-pemain saya di keadaan kelelahan. Saya harus menghitung dengan matang, ” kata Aji Santoso zaman jumpa pers virtual, Selasa (6/4).

“Kemungkinan besar dua pemain itu (Marcelino Ferdinand dan Dicky Kurniawan) akan main, tapi juga masih saya lihat mereka berdua sebagai starter atau seperti apa. Dengan jelas, saya mencoba rotasi dan memberi pengalaman ke pemain, ” mantan pelatih Arema FC ini membaca.

33 Pemain Muda Debut di Piala Menpora 2021:

Tira Persikabo: Dava Ramadhan
PSIS: Pratama Arhan, Farrel Arya, Risky Fajar, Eka Febri
Barito Putera: Ferdiansyah, Alif Jaelani, Chris Rumbiak
Arema FC: Aji Saka, Seiya da Costa Lay, Ricga Febiyan
Persija: Braif Fatari, Alfiyanto Nico
PSM Makassar: Farhan Rahman, Rifky Maulana
Bhayangkara FC: –
Borneo FC: Komang Teguh, Muhammad Ilham, Ahmad Surahman, Arya Gerryan Senyiur, Fajar Fatur Rahman, Rabbani Tasnim
Persebaya: Kemaluddin, Akbar Firmansyah
Madura United: Fadillah Nur Rahman, Ronaldo Kwateh
PSS: Adi Satryo
Persela: Akbar, Naufal Rahmanda
Persik: Jordan Zamorano
Persib: Bayu Muhammad Fiqri
Bali United: –
Persiraja: Ramadhan
Persita: Rifki Dwi Septiawan, Flavio Cameron, Altariq Ballah

(abd/jun)