5 Bahaya WhatsApp Modifikasi dengan Ancam Privasi

Jakarta, CNN Indonesia —

WhatsApp   merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Pengguna WhatsApp kini telah mencapai miliaran dari seluruh dunia.

Popularitas WhatsApp membuat sejumlah pihak memanfaatkannya dengan melakukan mutasi. WhatsApp modifikasi (MOD) ialah aplikasi WhatsApp yang ditambahkan dengan sejumlah fitur dengan bervariasi. Beberapa contoh WhatsApp Modifikasi diantaranya GP WhatsApp, Yo WhatsApp, WhatsApp MA, dan lain sebagainya.

Aplikasi WhatsApp modifikasi ini bukanlah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh WhatsApp. Keamanaan aplikasi ini pula belum terjamin. Terdapat sejumlah bahaya WhatsApp modifikasi dengan mengancam privasi penggunanya.



Berikut 5 bahaya WhatsApp modifikasi.

1. Membahayakan unit

Bahaya WhatsApp  modifikasi adalah dapat mengancam perangkat yang Anda gunakan seper(Foto: Istockphoto/ Farknot_Architect)

Menurut penelitian Internet Research Institute, versi mutasi WhatsApp lebih rentan menyuntikkan malware dan spyware terhadap perangkat yang Anda gunakan seperti smartphone Anda.  

Selain tersebut WhatsApp modifikasi lebih agak-agak membawa virus yang sanggup membahayakan perangkat dan petunjuk pengguna.

2. Tidak terenkripsi

Bahaya WhatsApp  modifikasi adalah tidak memiliki fitur enkripsi yang bisa menjaga keamanan data Anda saat berkomunikasi secara daring. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Pelaksanaan WhatsApp resmi memiliki sistem end-to-end encryption yang membina seluruh percakapan di akun WhatsApp terlindungi dan tak dapat diintip siapapun.

Sedangkan pada WhatsApp MOD, umumnya aplikasi tersebut tidak terenkripsi dan rentan bocor kepada pihak ketiga yang dapat menjadi ancaman keamanan privasi pengguna.

3. Tidak dapat melakukan pembaruan

Bahaya WhatsApp  modifikasi adalah tidak sanggup melakukan pembaruan secara otomati. (Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

Pembaruan di WhatsApp MOD cenderung sulit karena tak otomatis seperti pada WhatsApp resmi. Pengguna sering kali harus masuk ke link tautan yang bisa selalu berisi malware.

4. Terancam diblokir

Bahaya WhatsApp  modifikasi adalah dapat membuat akun  WhatsApp  Anda diblokir tengah hingga permanen. (Foto: istockphoto/ oatawa)

Menggunakan WhatsApp modifikasi sanggup membuat akun WhatsApp Kamu diblokir. Merujuk pada kedudukan resmi WhatsApp, WhatsApp hendak menindak tegas pengguna WhatsApp bodong dengan melakukan blokir akun sementara hingga langgeng.

5. Menyimpan iklan

Pengembang WhatsApp modifikasi rata-rata meraup pendapatan dari hasil propaganda yang dipasang pada beranda aplikasi. Keberadaan iklan ini dapat mengganggu Anda era sedang menggunakan aplikasi.

Iklan pada pelaksanaan ini juga dapat berisi virus serta dapat membawa Anda pada situs yang berbahaya.

Itulah memusnahkan WhatsApp modifikasi yang mengancam privasi. Hindari penggunaan WhatsApp modifikasi untuk mencegah bahaya-bahaya tersebut.

(avd/ptj)

[Gambas:Video CNN]