Anies Terbitkan Kepgub, Mal Dapat Buka Syarat Wajib Vaksin

Jakarta, CNN Indonesia —

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  menerbitkan Kesimpulan Gubernur Nomor 975 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Penyekatan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Level 4 Covid-19 yang berlaku mulai  10 hingga  16 Agustus 2021.

“Menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid selama tujuh hari terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2021 datang dengan 16 Agustus 2021, ” demikian kutipan Kepgub yang ditandatangani Anies pada Selasa (10/8).

Secara umum, sejumlah ketentuan yang ada di Kepgub itu mengikuti peraturan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalaikan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Bagian 30 Tahun 2021. Di antaranya kerja dari rumah ( work from home ) 100 persen bagi perkantoran di sektor nonesensial  dan kesibukan belajar mengajar dilakukan dengan daring/online.


Lalu introduksi pusat perbelanjaana, mal  ataupun pusat perdagangan dengan kapasitas 25 persen. Untuk mampu masuk ke dalam kepala, pengunjung harus sudah divaksinasi. Selain itu, anak umur di bawah 12 tahun dan lansia di tempat 70 tahun juga dilarang untuk masuk.

Kemudian pelonggaran aturan di tempat ibadah. Warga sanggup melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

Dalam Kepgub, Anies secara spesifik juga menyusun pembukaan sarana olahraga di tempat terbuka dengan sejumlah syarat. Jika dibandingkan Inmendagri Nomor 30 tahun 2021, ketentuan pembukaan sarana gerak di tempat terbuka tersebut tidak diatur.

Lebih sendat, sama seperti Kepgub dengan diterbitkan sebelumnya, Anies dalam Kepgub ini juga mensyaratkan vaksinasi minimal dosis perdana untuk masyarakat yang menyelenggarakan aktivitas di setiap tempat atau sektor-sektor yang telah ditetapkan.

Keyakinan itu dikecualikan untuk warga yang masih dalam kala tenggang 3 bulan sesudah terkonfirmasi Covid, dapat membuktikan bukti hasil laboratorium; awak yang kontraindikasi terhadap vaksinasi Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis dapat menunjukkan fakta surat keterangan dokter, serta anak-anak usia kurang dibanding 12 tahun.

(yoa/sur)

[Gambas:Video CNN]