Banjir Tutup Lalin Lintas Sulawesi di Gorontalo

Jakarta, CNN Indonesia —

Banjir   menutup lalu lintas pada beberapa titik ruas berkepanjangan lintas Sulawesi di Kabupaten Gorontalo Utara   dan Kabupaten Gorontalo .

Akibat hujan deras melanda wilayah Gorontalo Utara dan Kabupaten Gorontalo sejak pukul 15. 00 WITA, banjir menyebabkan kemacetan panjang.
Beberapa buku jalan yang tertutup banjir, diantaranya di Desa Bulalo, Desa Mootinelo dan terparah di Desa Molingkapoto Kecamatan Kwandang.

“Ketinggian banjir di sejumlah ulama utama lintas Sulawesi dalam dua wilayah tersebut tidak mencapai 50 sentimeter. Tetapi, arus air sangat deras sehingga sangat berisiko untuk kendaraan yang ingin melintas, ” kata Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Kav Embi Triono, di Gorontalo, Satu (14/3).


Air dibanding perbukitan Molingkapoto meluncur keras hingga melewati badan ustaz, juga menggenangi halaman Puskesmas Molingkapoto.

Apalagi satu unit mobil pick up yang memaksa berjalan terseret arus deras.

“Beruntung mobil tersebut dapat dievakuasi dan tak menimbulkan insiden luka maupun korban jiwa pada pengendaranya, ” katanya.

Kodim 1314 mengerahkan sebanyak personel untuk mengamankan arus lalu lintas yang tahu terputus selama 3 tanda sejak pukul 15. 30 WITA.

Dibantu warga setempat, kendaraan yang akan berjalan dihentikan sementara mengingat aliran deras sangat berisiko.

“Bahaya sekali kalau kendaraan memaksa melintas, persis halnya di ruas Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, ” katanya pula.

Air dari daerah aliran sungai tersebut sangat kencang hingga menutup lembaga jalan di ruas jembatan Labanu.

Kendaraan bermotor maupun masyarakat diminta tidak melintas hingga kondisi dinyatakan aman, mengingat jembatan dapat sewaktu-waktu ambruk dihantam derasnya cairan.

Personel Kodim 1314 juga dikerahkan melayani evakuasi warga korban banjir, satu unit rumah tunas permanen milik warga di sekitar lokasi jembatan Daerah Labanu yang terendam ekspresi air sungai.

Hingga malam ini, seluruh personel Babinsa pun disiagakan di titik rawan banjir mengingat curah hujan masih tinggi.

(eks)

[Gambas:Video CNN]