Bersambung Unpad, Telkom Digitalisasi Layanan Kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia —

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung memberikan dampak cukup besar terhadap pertumbuhan level adopsi digital masyarakat sekaligus perilaku pelanggan. Pada daerah layanan kesehatan, pandemi sudah meningkatkan kesadaran terhadap perlunya kemudahan dalam mengakses layanan, baik secara korporasi maupun individu.

Situasi ini yang melatarbelakangi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang bergerak di bidang kesehatan, AdMedika dan TelkoMedika menyediakan solusi layanan kesehatan tubuh yang berbasis digital serta terintegrasi. Kali ini, Admedika dan TelkoMedika mendukung digitalisasi layanan kesehatan di dunia pendidikan.

Telkom pun menggandeng Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk bekerja sesuai. Bertempat di Aula Unpad, Bandung, Jawa Barat, ada dua perjanjian kerja sama yang diteken kedua bagian dan disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dan Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti.


Pertama, kerja sebanding terkait Layanan Kesehatan Pendidik dan Karyawan Universitas Padjadjaran beserta keluarga. Kerja setara ini ditandatangani oleh Eksekutif Utama TelkoMedika Dudy Effendi dan Wakil Rektor Tempat Sumber Daya dan Keuangan Unpad, Prof. Ida Nurlinda, MH.

Ke-2, kerja sama terkait Klinik Unpad sebagai Jejaring AdMedika. Kerja sama ini diteken oleh Direktur Utama AdMedika Dwi Sulistiani dan Eksekutif Utama Klinik Kesehatan Unpad, Prof. Dr. dr. Achmad Hussein Sundawa Kartamihardja, Sp. KN. MH. Kes

Kerja sama tersebut meliputi penyediaan layanan AdClaim dan AdPass. Layanan AdClaim merupakan layanan manajemen permintaan kesehatan untuk memudahkan peserta mendapatkan layanan kesehatan secara cashless dan online, dengan diperuntukkan bagi pegawai Unpad beserta keluarga.

Sedangkan AdPass merupakan pelaksanaan berbasis web yang ditempatkan di fasilitas kesehatan jadi verifikasi eligibilitas peserta.

(Kiri-Kanan) Wakil Ketua MWA Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, M.A., Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, Direktur Utama Klinik Kesehatan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. dr. Achmad Hussein Sundawa Kartamihardja, Sp.KN. MH.Kes, Direktur Utama AdMedika Dwi Sulistiani, dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Klinik Universitas Padjadjaran sebagai Jejaring AdMedika di Bandung, beberapa waktu yang lalu. (Kiri-Kanan) Wakil Ketua MWA Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, M. A., Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, Direktur Pati Klinik Kesehatan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. dr. Achmad Hussein Sundawa Kartamihardja, Sp. KN. MH. Kes, Direktur Utama AdMedika Dwi Sulistiani, dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti usai penandatanganan Perjanjian Kegiatan Sama tentang Klinik Universitas Padjadjaran sebagai Jejaring AdMedika di Bandung, beberapa masa yang lalu.   (Arsip Telkom).

Layanan kesehatan ini nantinya dapat dilakukan di Klinik Unpad dan di seluruh Klinik TelkoMedika yang ada di Indonesia serta didukung dengan program preventif kesehatan tubuh lainnya.

Secara adanya kedua layanan itu, pegawai Unpad beserta rumpun dapat melakukan pengobatan kesehatan secara mudah hanya dengan menunjukkan kartu peserta. Selain itu dengan menjadi provider online AdMedika, maka Klinik Unpad dapat membuka servis kesehatan kepada peserta AdMedika lainnya dari seluruh Nusantara.

Dalam sambutannya, Rina Indiastuti menyampaikan terima kasih atas kerja pas layanan kesehatan bagi rumpun Unpad.

“Semoga banyak manfaat yang mau didapatkan oleh keluarga tumbuh Unpad melalui modernisasi servis kesehatan. Ini menjadi lupa satu upaya Unpad menuju Hybrid University, ” ucapnya.

Pada jalan yang sama, Edi Witjara juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Unpad pada Telkom.

“Dengan kapabilitas yang dimiliki, kami siap berkolaborasi dengan para-para inovator dari Unpad buat dapat mengembangkan inovasi dengan bermanfaat bagi masyarakat, ” ucapnya.

Melalui kolaborasi antara TelkomGroup serta Unpad ini, kedua pihak dapat saling memberikan kebaikan dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitas masing-masing.

“Dengan semangat sinergi, TelkomGroup yakin dan berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan dunia pendidikan melalui logistik solusi layanan kesehatan dengan terintegrasi. Dengan demikian tentunya akan semakin memperluas penguasaan digitalisasi ekosistem kesehatan dalam Indonesia, ” tutup Edi.

(osc)

[Gambas:Video CNN]