Daftar Menteri Kabinet Baru Israel Pimpinan Naftali Bennett

Jakarta, CNN Indonesia —

Parlemen Israel , Knesset, mengesahkan kabinet baru  Israel   pimpinan  Naftali Bennett ,   Minggu (13/6), mengakhiri pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu selama 12 tahun final.

Dalam pengumpulan suara pada Minggu sore, Bennet berhasil menang sedikit suara di parlemen secara dukungan 60-59 dari mutlak 120 anggota Knesset meluluskan pembentukan pemerintahan baru tersebut.

Kabinet pertama Israel ke-36 itu terdiri dari koalisi delapan kelompok, yakni Partai Ra’am, Partai Buruh, Partai Putih & Biru, New Hope, Meretz, Yisrael Beiteinu,   Yesh  Atid, dan  Yamina.


Koalisi yang dinamakan Kabinet Perubahan tersebut dipimpin mantan wartawan sekali lalu eks menteri keuangan Israel, Yair Lapid, dan partainya, Yesh Atid.

Berdasarkan kesepakatan politik federasi, politikus sayap kanan serta pemimpin Partai Yamina,   Naftali Bennett, akan menjadi perdana menteri menggantikan Netanyahu selama dua tahun ke depan. Setelah itu, kedudukan PM akan dialihkan kepada Lapid.

Lapid sendiri era ini menjabat sebagai Gajah Luar Negeri Israel. Sementara itu, kursi Menteri Pertahanan masih diisi oleh Benny Gantz dari Partai Ningrat dan Putih (Kahol Lavan). Gantz merupakan eks Menhan Israel di era Netanyahu.

Pemimpin kelompok nasionalis Yisrael Beiteinu, Avigdor Lieberman, yang sempat menjabat sebagai Menlu dan Menhan di kabinet Netanyahu, kini menduduki jabatan Menteri Keuangan.

Posisi Gajah Dalam Negeri dan Menteri Keamanan Publik masing-masing diisi oleh politikus Yamina, Ayelet Shaked, dan politikus Kelompok Buruh, Omer Bar-Lev.

Sementara itu, Menteri Transportasi dan Menteri Yustisi diduduki oleh politikus Partai Buruh, Merav Michaeli dan Gideon Saar dari New Hope.

Politikus Meretz, Nitzan Horowitz, dan politikus Yesh Atid, Karin Elharrar, masing-masing menduduki jabatan Menteri Kesehatan dan Menteri Energi.

Menteri Urusan Pembangunan dan Perumahan diisi sebab politikus New Hope, Zeev Elkin. Elkin turut merangkap sebagai Menteri Urusan Yerusalem.

Kursi Gajah Ekonomi, Menteri Urusan Media, dan Menteri Lingkungan, per diisi oleh Orna Barbivai dari Yesh Atid, Yoaz Hendel dari New Hope, dan Tamar Zandberg dari Meretz.

Politikus Partai Biru dan Suci, Hili Tropper, menempati kedudukan Menteri Budaya dan Gerak. Kursi Menteri Urusan Baik diisi oleh politikus Menak Putih juga, Meir Cohen.

Sementara itu, dilansir AFP , Menteri Urusan Agama diisi oleh PartaiYamina, MatanKahana.

Di sisi lain, Gajah Kerja Sama Regional diemban oleh politikus Meretz, Issawi Frej. Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi diisi oleh Orit Farkash-Hacohen dari Kahol Lavan.

Menteri Pariwisata, Menteri Pendidikan, serta Menteri Imigrasi, masing-masing diisi oleh politikus Yesh Atid Yoel Razvozov, politikus New Hope Yifat Shasha-Biton, & politikus Biru dan Putih, Pnina Tamano-Shata.

Menteri Informasi, Menteri Diaspora, dan Menteri Pertanian masing-masing diduduki oleh politikus Yesh Atid, Elazar Stern, Nahman Shai dari Partai Buruh, dan Oded Forer daripada Yisrael Beiteinu.

(rds/has)