Hasil Liga Champions: Bungkam Leipzig, PSG ke Final

Hasil Liga Champions: Bungkam Leipzig, PSG ke Final

Jakarta, CNN Indonesia —

Paris Saint-Germain ( PSG ) melangkah ke final setelah menang telak 3-0 atas  RB Leipzig   pada semifinal  Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Rabu (19/8) dini hari waktu Indonesia.

Hasil ini membuat PSG menjadi tim pertama yang mengarungi ke partai puncak. Les Parisiens menunggu pemenang pertandingan Olympique Lyon vs Bayern Munchen pada Kamis (20/9) dini hari waktu Indonesia.

PSG memulai pertandingan melawan Leipzig dengan baik. Berawal dari umpan terobosan Kylian Mbappe, Neymar nyaris membawa PSG unggul andai sontekannya tak mengenai tiang gawang Leipzig di menit keenam.


Perut menit berselang, Mbappe berhasil membobol gawang Peter Gulacsi. Namun, lulus itu dianulir wasit karena Neymar dianggap lebih dulu melakukan handball saat coba memblok tendangan Gulacsi sebelum gol tercipta.

Angel Di Maria & Neymar  bersukacita saat merayakan gol ke gawang RB Leipzig.   (AP/David Ramos)

Leipzig coba membalas tekanan bertubi-tubi PSG. Peluang didapat Marcel Sabitzer yang melakukan tendangan spekulasi dari sungguh kotak penalti tetapi tendangannya sedang terlalu lemah dan mudah dijinakkan Sergio Rico.

Lulus yang ditunggu-tunggu PSG tercipta di menit ke-13. Eksekusi bola tewas Angel Di Maria disambut sundulan Marquinhos ke pojok kiri tiang untuk mengubah skor jadi 1-0.

Tekanan kembali dilancarkan PSG setelah unggul 1-0. Kali ini peluang untuk memperbesar skor didapat Mbappe tetapi tembakannya lantaran jarak dekat masih bisa digagalkan Gulacsi.

Leipzig yang mengandalkan serangan balik nyaris menyelaraskan kedudukan pada menit ke-26. Conrad Laimer melakukan penetrasi dari pengaruh kanan tetapi umpannya gagal dimaksimalkan Yussuf Poulsen menjadi gol.

Tembakan Poulsen dari tenggang dekat hanya berada tipis dalam samping kiri gawang Rico.

Sepuluh menit jelang bagian pertama usai, Neymar punya peluang membawa PSG unggul 2-0. Bintang asal Brasil itu dengan pintar melepaskan tendangan bebas ke tiang dekat yang mengecoh Gulacsi.

Hanya saja, tendangan Neymar yang tidak mampu dibaca Gulcasi masih mengenai tiang gawang.

PSG baru bisa unggul 2-0 pada menit ke-42. Lulus yang memperbesar keunggulan PSG dicetak Angel Di Maria setelah menerima umpan tumit Neymar. Gol Di Maria berawal dari kesalahan Gulacsi saat coba memberikan pemain ke rekan setim.

Skor 2-0 untuk keunggulan PSG berasaskan Leipzig bertahan hingga babak mula-mula usai.

Di babak kedua, PSG makin sulit dikejar Leipzig pada babak kedua. Juan Bernat membawa namanya di papan skor sesudah menerima umpan silang Di Maria pada menit ke-57.

Unggul 3-0 tidak membuat para-para pemain PSG puas. Beberapa jalan didapat Leandro Paredes hingga Mbappe tetapi belum berhasil membuahkan gol keempat.

Sebaliknya Leipzig yang sudah primitif jauh hanya sesekali melakukan tekanan termasuk tendangan Emil Forsberg  yang masih bisa dibendung Rico. Cara skuad asuhan Julian Nagelsmann untuk mencetak gol tidak membuahkan buatan dan harus tersingkir dengan keruntuhan telak dari PSG.

Susunan pemain

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi; Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Nordi Mukiele; Konrad Laimer, Kevin Kampl, Marcel Sabitzer, Angelino; Daniel Olmo, Christopher Nkunku; Yussuf Poulsen.

PSG (4-3-3): Sergio Rico; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Leandro Paredes, Marquinhos, Ander Herrera; Angel Di Maria, Kylian Mbappe, Neymar.

[Gambas:Video CNN]