Kemendagri Setor 450 Ribu Data Tambahan Pemilih ke KPU

Kemendagri Setor 450 Ribu Data Tambahan Pemilih ke KPU

Jakarta, CNN Indonesia —

Kemendagri   menyerahkan 456. 256 Keterangan Pemilih Pemula Tambahan kepada Premi Pemilihan Umum ( KPU ) sebagai basis Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak Tahun 2020.

Plt Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori mewakili Mendagri Tito Karnavian menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) itu ke Kepala KPU Arief Budiman di Dewan KPU, Jakarta, Kamis (17/6).

Tito dalam pidatonya membuktikan dampak dari penundaan jadwal Pilkada serentak 2020 jadi Desember telah membuat penambahan data pemilih.


“Karena usia mereka penuh yang bertambah, banyak yang berumur 17 tahun pada 9 Desember, mereka memiliki hak pilih, ” kata Tito.

Lebih lanjut, Tito menekankan data pemilih pemula tambahan itu untuk melengkapi DP4 yang sebelumnya diberikan Kemendagri ke KPU pada Januari 2020.

Dia berharap data ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan validasi daftar pemilih sampai KPU menetapkan DPT 2020 nanti.

“Sekaligus juga mari kita jaga kerahasiaan bentuk security . Sebab data-data ini menyangkut hak privasi yang kita harus memperhatikan  pada rule of law , ” kata mantan Kapolri tersebut.

Untuk diketahui, DP4 dengan sudah diserahkan Kemendagri kepada KPU pada Januari 2020 lalu berjumlah 105. 396. 460 jiwa.     Kini, ditambah tambahan keterangan pemilih pemula, total DP4 dengan sudah diserahkan Kemendagri ke KPU untuk Pilkada 2020 saat ini total 105. 852. 716 sukma.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Arief Budiman memperhitungkan data pemilih menjadi aspek  penting dalam tahapan Pilkada.

Arief pun berharap agar Departemen Dalam Negeri terus memberikan masukan dan catatan agar Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditata KPU tepat dan mutakhir.

Pilkada Serentak 2020 mau digelar 9 Desember 2020. Pilkada ini akan menjadi pilkada terbesar karena menyerentakkan pemilu lokal dalam 270 daerah di Indonesia.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Post oleh Result HK