Kenangan Koes Hendratmo di Balik Berpacu dalam Melodi

Jakarta, CNN Nusantara —

Kedukaan tak terbendung juga dirasakan salah satu mantan produser Kuis Berpacu dalam Melodi, Agus Mulyadi, ketika pelajaran Koes Hendratmo   meninggal dunia pada Selasa (7/9).

Pegawai salah satu stasiun televisi swasta ini mengungkapkan banyak tanda indah tidak bisa dilupakan ketika menjadi produser kesibukan yang dipandu Koes Hendratmo itu.

Jadi penggemar setia acara yang tayang perdana pada 1988 itu, Agus masih mempertimbangkan jelas kesan pertama ketika  berinteraksi langsung dengan Koes Hendratmo  lebih dari dua dekade lalu itu.


“Dia [Koes Hendratmo] adalah satu mentor dengan baik buat junior seolah-olah saya kala itu. Beliau tidak pernah memandang hina (anak muda), justru terbuka untuk diskusi dan ide-ide baru, ” ujar Agus Mulyadi kepada CNNIndonesia. com, Selasa (7/9).

Selain itu, Koes Hendratmo juga dikenal sebagai sosok yang memiliki selera dagelan tinggi. Sehingga, kehadirannya selalu keceriaan bagi semua karakter.

“Mas Koes satu diantara figur yang mewujudkan syuting saat itu maka menyenangkan karena suka melemparkan candaan, termasuk dengan para personel Band Ireng Maulana All Stars kala tersebut, ” lanjut Agus.

Namun, saat syuting berjalan, Koes langsung berubah menjadi sosok yang bertentangan. Profesionalitas. Ia sangat menggubris hal-hal detail, termasuk kesibukan trik mengambil gambar, serta interaksi dengan pemirsa.

“Beliau memberikan masukan untuk bisa mendapat engagement pemirsa dengan trik senyuman tiba-tiba atau tatapan tiba-tiba ke kamera di bagian-bagian tertentu saat kuis karena akan beda efeknya era menonton, ” ujar Agus.

Koes pula akan langsung mendiskusikan situasi itu dengan kru dalam studio agar acaranya hadir dengan sangat menarik. Diskusi demi diskusi selalu mengalir setiap syuting berjalan.

“Atau saat sesi menyanyi beriringan peserta, beliau memberi tahu bagian mana yang harus dipanjangin atau kurang mengakui. Secara garis besar [itu trik] feel [untuk] membuat tontonan menjadi enak dilihat, ” katanya.

Salah satu hasil kolaborasi terbaik yang masih teringat nyata di ingatan Agus ialah ketika Koes Hendratmo berduet dengan Broery Pesolime menyuarakan lagu Angin Malam.

“Saat itu raka Koes mengaku merinding karena mengingat almarhum Broery juga pernah membawakan acara Bersaing juga sebelumnya, ” perkataan Agus.

Sisi Koes  Hendratmo  yang tak diketahui penonton di kaca selanjutnya…

Tanda Koes Hendratmo di Balik Berpacu dalam Melodi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA