KPK Dalami Rp71 Miliar Duit APBN Masuk ke Rekening Pribadi

KPK Dalami Rp71 Miliar Duit APBN Masuk ke Rekening Pribadi

Jakarta, CNN Indonesia —

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menyatakan bakal mendalami temuan Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) terkait aliran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang masuk ke rekening karakter pada lima kementerian/ lembaga.

Total ada Rp71, 78 miliar duit APBN hasil temuan BPK yang masuk ke bon pribadi.

“KPK akan dalami apakah tersedia indikasi pidana atau kesalahan tata laksana. Kalau memang administrasi perlu diperbaiki, ” ujar Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Kantornya, Jakarta, Rabu (22/7).


BPK sebelumnya mengumumkan ada aliran APBN di lima kementerian/lembaga senilai Rp71, 78 miliar yang masuk ke rekening bank pribadi.

Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI sudah meminta kementerian/lembaga mengunci rekening bank pribadi yang sempat menerima APBN untuk pelaksanaan rencana pemerintah.

Kelima kementerian/lembaga yang dimaksud antara lain Departemen Pertahanan, Kementerian Agama, Kementerian Dunia Hidup dan Kehutanan, Badan Kepala Pemilu (Bawaslu), serta Badan Kepala Tenaga Nuklir (Bapeten).

“(Kami) meminta K/L mendaftarkan rekening ke KPPN atau menutup rekening tersebut, ” sirih Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto kepada CNNIndonesia. com , Rabu (22/7).

Tindak lanjut lain, sirih dia, Kemenkeu meminta Inspektorat Jenderal (Irjen) masing-masing kementerian/lembaga untuk meningkatkan pengawasan pelaksanaan anggaran. Selain tersebut, Kemenkeu juga akan menyediakan posisi resmi untuk pendaftaran secara online.

“Ini untuk merendahkan pendaftaran rekening, ” imbuhnya.

(ryn/osc)

[Gambas:Video CNN]