Kronologi Man City Juara Asosiasi Inggris

Jakarta, CNN Indonesia —

Manchester City   sukses merebut gelar juara  Liga Inggris musim 2020/2021. Berikut kronologi Man City meraih gelar juara Bon Inggris musim ini.

The Citizens jadi meraih gelar Liga Inggris kelima atau ketiga dalam empat musim terakhir sesudah melalui berbagai perjalanan dengan berliku di Liga Inggris musim ini.

Man City sukses mengambil Liga Inggris musim itu dengan kemenangan 3-1 untuk Wolverhampton Wanderers. Tetapi sesudah pertandingan perdana performa Man City justru tidak konsisten.


Dalam tujuh pertandingan selanjutnya Man City hanya memenangkan dua pertandingan sekadar dengan tiga pertandingan yang lain berakhir imbang dan perut laga lainnya berujung kekalahan yaitu dari Leicester 2-5 dan Tottenham Hotspur  0-2. Usai kalah dari Tottenham, Man City sempat turun ke klasemen papan tengah.

Tetapi, di pertandingan matchday kesembilan Man City berhasil bangkit, diawali dengan membantai Burnley 5-0 pada 28 November 2020.

Pada simpulan Desember 2020, Man City sempat mendapat ujian setelah markas latihan tim The Citiezens dilanda wabah Covid-19 yang menjangkiti sejumlah staf dan pemain.

Musibah itu menyebabkan basis latihan tim Man City harus ditutup sementara zaman dan pertandingan melawan Everton harus ditunda dari 28 Desember 2020 menjadi 17 Februari 2021.

Namun, setelah kejadian tersebut performa positif Man City berlanjut. The Citizens jadi tampil digdaya dengan tidak terkalahkan dalam 19 perlombaan secara beruntun.

Dalam masa tersebut, Man City juga mencatatkan rekor enam clean sheet berturut-turut di Bon Inggris.

Sayangnya, rekor tak terkalahkan Man City akhirnya terhenti sebab rival sekota, Manchester United pada 7 Maret 2021 dengan kekalahan 0-2.

Namun, setelah musabaqah itu Man City sanggup kembali ke jalur kemenangan dan bertahan di teratas klasemen dengan hanya satu kali menelan kekalahan pada enam pertandingan terakhir tenggat saat ini.

Dominasi Man City pada Liga Inggris semakin kuat setelah juara bertahan Perserikatan Inggris Liverpool mengalami keterpurukan sejak akhir tahun 2020  hingga Maret 2021. Lantaran 14 pertandingan yang dilakoni sejak 27 Desember 2020 hingga 7 Maret 2021, The Reds telah menelan delapan kekalahan dan cuma mampu meraih tiga hasil dan tiga kali ragu-ragu.

Roman, Manchester City juga harus menunda perayaan gelar ahli Liga Inggris pada Minggu (2/5) lalu, setelah perlombaan Manchester United vs Liverpool yang menentukan bagi City harus ditunda karena adanya aksi protes besar-besaran sebab suporter Man Utd.

Jika saat itu Man Utd kalah sebab Liverpool, maka Man City akan memastikan gelar pendekar karena poin mereka sudah tidak mungkin dikejar.

The Citizens alhasil baru bisa memastikan gelar juara Liga Inggris setelah  pesaing terdekat mereka, Manchester United, kalah dari Leicester City dalam laga di pekan ke-36 di Gelanggang Old Trafford, Rabu (12/5) pagi buta WIB.

Kekalahan Man United sejak Leicester memberikan jalan bagi The Citizens menjuarai Premier League 2020/2021. Man City juara karena MU diperkirakan tidak bisa lagi mengejar poin rival sekotanya itu.

Saat itu, Man City unggul 10 poin atas MU. Meskipun tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu memenangi 3 pertandingan tersisa, total poin mereka tidak bisa menyusul Man City.

(har)