Mahasiswa UIN Malang Meninggal Sudah Ikut Diklat Pencak

Jakarta, CNN Indonesia —

Seorang   mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim  di Kota Malang , Jawa Timur, dilaporkan meninggal negeri usai mengikuti diklat tanggapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat, Pagar Nusa, yang diselenggarakan pada Kota Batu.

Dilansir dari Antara, Minggu (7/3), Kepala Resor Pengelola Hutan (KRPH) Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Hadi Mustofa mengatakan, almarhum bernama Miftah Rizki Pratama berusia 20 tahun merupakan mahasiswa  UIN  Malang.

“Betul, almarhum wafat pada Sabtu (6/3) agak pukul 15. 00 WIB, di Rumah Sakit Karsa Husada Kota Batu, ” kata Hadi di Tanah air Malang.


Hadi menjelaskan kronologi kejadian tersebut bermula pada Jumat (5/3) ketika ada 41 orang peserta diklat pengakuan anggota baru Pagar Nusa yang melakukan perjalanan ke SMK Mahardika Karangploso, Kabupaten Malang, untuk melakukan istighasah.

Kemudian, sendat Hadi, pada Sabtu (6/3) kurang lebih pukul 10. 30 WIB, para peserta tersebut berangkat menuju zona Kecamatan Junrejo, Kota Sundal. Para peserta diklat tersebut turun di sekitar wadah wisata Predator Fun Park, Kota Batu.

“Selanjutnya, para peserta berjalan kaki menuju Coban Rais, ” kata Hadi.

Hadi menambahkan saat sampai dalam Coban Rais, para pengikut dikumpulkan, namun almarhum terjatuh. Para peserta diklat menganjurkan pertolongan dan membawa almarhumah ke Rumah Sakit Kehendak Husada Kota Batu.

“Dilakukan pertolongan & dibawa ke Rumah Rendah Karsa Husada dengan menggunakan besar. Saat itu almarhum dalam kondisi sadar, ” kata Hadi.

Saat berada di Rumah Sakit Karsa Husada, almarhum yang merupakan warga Tanah air Bandung tersebut, diberikan penanganan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Namun, setelah dikerjakan penanganan, korban dinyatakan wafat dunia.

Tengah belum ada keterangan formal dari UIN Maulana Tuan Ibrahim Kota Malang maupun pihak UKM Pagar Nusa.

(Antara/psp)

[Gambas:Video CNN]