Muda Kim Jong-un Kecam Korsel Ragukan Korut Nihil Corona

Muda Kim Jong-un Kecam Korsel Ragukan Korut Nihil Corona

Jakarta, CNN Indonesia —

Adik perempuan Pemimpin Tinggi  Korea Utara Kim Jong-un ,   Kim Yo-jong menyalahkan menteri luar negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha terkait kabar nihil kasus  virus corona dalam Pyongyang. Padahal selama ini Korut kerap mengklaim tidak ada infeksi Covid-19 di negaranya.

Klaim tersebut kembali diulangi Kim dalam parade militer besar-besaran di dalam Oktober lalu.

Kim yang juga penasihat utama atasan Korut mengutuk pernyataan Kang secara menyebut komentarnya “kurang ajar” serta menuduhnya berusaha memperburuk hubungan antar-Korea yang sudah tegang.


“Ini bisa dilihat dari pernyataan sembrono yang dibuatnya tanpa mempertimbangkan konsekuensi bahwa dia terlalu dinamis untuk lebih mendinginkan hubungan beku antara Korea Utara dan Selatan, ” kata Kim seperti mengutip AFP.

“Kami tidak akan pernah melupakan kata-katanya & dia mungkin harus membayar mahal untuk itu. ”

Kim melontarkan komentar tersebut dalam tengah diskusi antara Korut secara Wakil Menlu AS Stephen Biegun dan perwakilan Korsel yang tahu terhenti setelah KTT Hanoi 2019 antara Kim dan Presiden Donald Trump berakhir tanpa kesepakatan. Biegun diketahui melakukan kunjungan untuk melakukan kembali pembicaraan denuklirisasi Korut.

Komentar Kim disampaikan menyikapi pernyataan Menlu Korsel Kang Kyung-wha dalam sebuah pertemuan di Bahrain pada Sabtu (5/12) yang mengecap ‘sulit dipercaya’ bahwa Korut tak menemukan infeksi virus corona.

Kang juga menyebut bila Pyongyang tidak merespons tawaran Seoul untuk membantu menangani pandemi tersebut.

“Semua tanda ialah bahwa rezim [Korut] sangat fokus pada pengendalian keburukan yang mereka katakan tidak mereka miliki, ” kata Kang pada Bahrain akhir pekan lalu.

Korut semenjak awal Januari lalu telah menyumbat perbatasan dengan China untuk menghindari penularan virus corona. Kim juga telah lama berkeras jika Korut tidak memiliki penularan kasus Covid-19.

Namun klaim tersebut justru mengundang kecurigaan banyak bagian, mengingat lemahnya layanan kesehatan dengan dimiliki Korut. Terlebih virus corona pertama kali dilaporkan dari China yang menjadi negara tetangga terdekat sekaligus mitra bisnis utama Pyongyang.

(AFP/evn)

[Gambas:Video CNN]