Muhammadiyah Rayakan Milad ke-108 Virtual Siang Ini

Muhammadiyah Rayakan Milad ke-108 Virtual Siang Ini

Jakarta, CNN Nusantara —

Muhammadiyah   mau menggelar puncak perayaan Milad ke-108 dengan mengambil tema “Meneguhkan Tindakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri” secara virtual pada keadaan ini, Rabu (18/11) siang.

“Inilah yang membuat perjamuan Milad tahun ini berbeda lantaran tahun-tahun sebelumnya, ” kata Kepala Umum PP Muhammadiyah  Haedar  Nashir, beberapa hari yang lalu.

Sekretaris PP Muhammadiyah Istimewa Danarto mengatakan perayaan Milad dengan virtual menjadi yang pertama kali dalam sejarah Muhammadiyah. Hal itu sebagai bentuk keseriusan Muhammadiyah di memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).


Ia menegaskan Muhammadiyah tidak ingin perayaan Milad justru menjadi medan penyebaran  Virus Corona.

“Pada tokoh-tokoh kita agar segenap mematuhi protokol kesehatan akan kita gelorakan, sebagai semangat warga Muhammadiyah sebagai bentuk komitmen, sebagai tindakan keagamaan yang memiliki cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, ” kata Agung dalam petunjuk resmi yang diakses CNNIndonesia. com pada situs resmi Muhammadiyah.

Agung membeberkan Muhammadiyah sengaja mengambil tema Milad ‘Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri’ untuk menggambarkan realitas kehidupan masyarakat Indonesia saat ini.

Tema itu, logat dia, memberikan pesan penting bahwa pandemi Covid-19 harus menjadi dorong ukur utama dalam menetapkan suatu kebijakan yang memiliki masalahat untuk kesehatan masyarakat.

“Artinya, segala kegiatan dan kebijakan dengan membuka peluang ekspansi virus kudu ditiadakan sampai benar-benar keadaan balik normal, ” kata Agung.

Ketua Panitia Milad ke-108 Muhammadiyah, M Nurul Yamien, mengatakan rangkaian agenda Milad Muhammadiyah akan dimulai sejak pukul 11. 45 WIB hingga pukul 16. 40 WIB. Acara itu akan disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom, tvMu atau melalui berbagai platform sosial media resmi milik Muhammadiyah.

Meski diselengarakan secara virtual, terdapat beberapa titik yang digunakan sebagai pusat kegiatan Milad. Yakni di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Masjid At Tanwir, Jakarta, dan Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Panitia rancangan juga telah menggelar beberapa rangkaian agenda utama Milad. Pidato yang disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah  Haedar Nashir akan menjelma agenda utama perayaan Milad Muhammadiyah ke-108.

Sebelum agenda utama, terdapat rangkian acara yaitu pembacaan ayat suci Alquan, meyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya oleh 8 paduan suara dari Universitas Muhammadiyah (UM) Surakarta, UM Yogyakarta, UM Malang, UM Jakarta, UM Palembang, dan UM Makassar.

(CNN Indonesia/Fajrian)

Selain tersebut, rangkaian Milad juga akan diisi dengan pembacaan puisi oleh Taufiq Ismail dan Ahimsa W Swadesi. Lalu diikuti oleh penampilan musosi Arda “Didi Kempot”.

Ada pula pemberian apresiasi Muhammadiyah kepada mujahid  Covid yang terdiri atas 10 pegawai Rumah Kecil Muhammadiyah-‘Aisyiyah (RSMA) yang gugur semasa masa tugas untuk penanganan Covid-19.

(rzr/arh)

[Gambas:Video CNN]