Pandemi Covid-19, Emoji Senyum Pakai Masker Hadir di iOS

Pandemi Covid-19, Emoji Senyum Pakai Masker Hadir di iOS

Jakarta, CNN Indonesia —

Emoji memakai masker kini bertransformasi mengikuti adaptasi kebiasaan baru (new normal) aliran pandemi  virus corona   Covid-19. Bermasker biasanya digunakan sebagai emoji untuk menyiratkan sedang sakit atau tidak enak badan.

Emoji menggunakan masker, yang sebelumnya terlihat lesu, dengan mata menunduk dan alis turun, kini sudah mempunyai mata, alis dan pipi yang memerah, yang dapat diasumsikan emoji baru yang memakai masker itu sedang tersenyum.

Mengambil laman resmi Emojipedia, pihaknya mengumumkan bahwa Apple akan menghadirkan emoji baru tersebut pada rilis berikutnya dari sistem operasi iOS iPhone.



Menurut Emojipedia, emoji memakai masker menjadi salah kepala emoji paling populer yang digunakan dalam tweet tentang virus corona. Sejalan dengan waktu, pemakaian kedok menjadi normal dan dianjurkan bagi orang tanpa memandang gejala.

Maka, secara teori, sendat Emojipedia, pemakaian masker tidak dapat menyiratkan bahwa ‘dengan memakai kedok Anda pasti sedang sakit’.   Emojipedia menyebutkan bahwa emoji baru tersebut akan hadir pada cara final iOS 14. 2.

Emoji menggunakan masker dirilis Apple pada 2008. Tidak lama setelah itu, sebanyak perusahaan juga ikut merilis emoji serupa.

Google dalam sistem operasi Android merilis emoji memakai masker dengan keringat di dalam 2012. Sementara, Samsung menghadirkan emoji serupa satu tahun setelahnya. Microsoft, Facebook dan Twitter, juga pada antara perusahaan yang merilis emoji menggunakan masker.

[Gambas:Twitter]

Apple Pakai Emoji  Baru dengan Masker di iOS 14. 2 beta

Apple telah memperbarui emoji berbentuk wajah yang padahal tersenyum mengenakan masker. Terlihat tersedia perbedaan besar pada emoji sebelum dan sesudah diperbarui.

Mengutip The Verge, pada emoji sebelumnya hanya terlihat mata serta masker yang menutupi wajah. Emoji ini seperti menggambarkan orang dengan sedih saat mengenakan masker

Kemudian pada emoji terbaru, terlihat alis, mata dan pipi yang sedikit merah. Emoji itu seperti orang yang sedang senyum saat mengenakan masker meski arah bibir tidak terlihat.

Meski demikian, emoji tersebut tidak benar-benar baru dibuat oleh Apple pada masa pandemi virus corona. Melainkan modifikasi daripada emoji yang dinamai smiling face atau wajah tersenyum.

Emoji yang diperbarui ini dinamai face with medical mask ataupun wajah mengenakan masker medis. Saat ini Apple baru merilis ragam beta sehingga masih ada aib. Salah satu kekurangan emoji tersebut adalah tidak bisa diaplikasikan di dalam semua iOS secara merata.

Beberapa pengguna melaporkan Emoji face with medical mask tampak masih ada wajah yang cemberut mengenakan masker bila dikirim sebab iOS 14. 2 ke iOS yang lebih rendah.

Selain Apple, Samsung juga mengganti emoji wajah yang mengenakan masker. Wajah yang sedianya berekspresi lara dengan sedikit keringat diubah menjelma wajah dengan ekspresi bahagia.

Emojipedia menyebut akhir Oktober akan menjadi waktu kedatangan buat emoji baru tersebut di semua sistem operasi.

(dik/DAL)

[Gambas:Video CNN]