Pegang Macron yang Positif Corona, PM Portugal Diisolasi

Pegang Macron yang Positif Corona, PM Portugal Diisolasi

Jakarta, CNN Indonesia —

Perdana Menteri Portugal , Antonio Costa, cepat melakukan isolasi mandiri setelah sempat kontak fisik dengan Presiden Prancis , Emmanuel Macron, yang dinyatakan membangun mengidap  virus corona (Covid-19), Kamis (17/12).

Kontak wujud antara kedua pemimpin negara itu berlangsung kurang dari 24 jam sebelum Macron dinyatakan positif corona.

“Perdana Menteri Costa memutuskan membatalkan seluruh perjalanan dinas, dan juga agenda publik yang lain. Dia akan tetap menjalankan kesibukan eksekutifnya dan bekerja sesuai jadwal dari tempat tinggalnya, ” bahana pernyataan Kantor Perdana Menteri Portugal seperti dikutip The Guardian .


Dalam Rabu (16/12), Costa menemui Macron di Istana Kepresidenan Prancis. Kedua pemimpin negara sama-sama mengenakan masker.

Macron terlihat menyambut hangat Costa dalam depan Élysée Palace, hingga keduanya setengah berpelukan. Dua tangan Macron terlihat memegang lengan Costa yang baru saja turun dari mobil.

Selama pertemuan itu, Costa dan Macron juga menikmati makan siang bersama sambil mempertimbangkan prioritas Portugal selama menjabat sebagai Presiden Dewan Eropa yang mau berlangsung mulai Januari mendatang.

Kantor Costa menyatakan si PM saat ini tengah menduduki hasil pemeriksaan Covid-19.

Selain Costa, sejumlah pemimpin negeri dan pejabat tinggi Prancis juga segera melakukan karantina mandiri setelah bertemu dengan Macron dalam kaum hari terakhir.

Pertama Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, Sekretaris Jenderal Organisation of Economic Co-operation and Development (OECD), Angel Gurria, dan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, menyatakan akan melakukan isolasi mandiri setelah sempat menggelar prasmanan siang bersama pada 14 Desember lalu.

Macron juga sempat menjamu Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, untuk makan malam pada akhir minggu lalu.

Sementara itu, istri Macron, Brigitte, dan Perdana Menteri Prancis Jean Castex juga segera melakukan pemeriksaan corona dan menjalani isolasi mandiri.

(rds/ayp)

[Gambas:Video CNN]