Pembatalan Munas Kadin di Bali Dinilai Rugikan Pengusaha

Jakarta, CNN Indonesia —

Pengurus Kamar Dagang ( Kadin ) Indonesia sekaligus Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menilai pembatalan perhimpunan nasional (Munas) Kadin ke VIII di Bali melukai semangat  perbaikan ekonomi nasional.

Pasalnya, dia menyebut pembatalan dilakukan secara tiba-tiba dan mengakibatkan kesusahan bagi pengusaha hotel & perjalanan.

“Kami mendapatkan informasi bahwa pemilik hotel dan travel sudah mendapatkan pesanan dari berbagai daerah, ” katanya pada CNNIndonesia. com , Kamis (27/5).


Dia menilai dunia daya ‘dipermainkan’ oleh pembatalan itu. Di tengah sulitnya ekonomi, ia mengatakan seharusnya pemerintah membantu pelaku usaha untuk menyerap kredit perbankan, bukannya malah menambah beban mereka.

Dia menyebut pelaku UMKM di zona terkait yang sudah menyiapkan bahan baku atau material dikecewakan dan dirugikan. Real, ekonomi Bali pada kuartal I 2021 masih minus 5, 19 persen.

“Artinya perlu keberpihakan pemerintahan dan dunia usaha untuk menyelamatkan Bali agar ekonomi bisa reborn (lahir lagi), ” imbuhnya.

Sejatinya, Munas VIII bakal dihelat pada tanggal 2-4 Juni mendatang di Nusa Besar, Bali. Namun, menurut tempat, secara mendadak dalam rapat pada 25 Mei awut-awutan, Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani menyatakan mendapat instruksi dari Presiden Jokowi untuk membatalkan Munas di Bali.

Kamrussamad mengucapkan penjelasan yang didapatnya cuma keputusan merupakan arahan Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negeri (Mensesneg) Pratikno.

“Saya hadir rapat agenda 25 Mei, tidak ada penjelasan alasan kecuali arah perintah Presiden melalui Mensesneg, ” bebernya.

Lebih jauh, dia selalu mengatakan Rosan telah menentang Anggaran Dasar dan Anggaran Vila Tangga (AD/ART) karena zaman kepengurusannya berakhir sejak simpulan tahun 2020. Karena pandemi, maka jabatannya diperpanjang hingga dipilihnya Ketua Umum mutakhir lewat Munas nanti.

Dia menilai keputusan dilakukan sepihak oleh Rosan dan dia menagih penjelasan lebih rinci terkait arahan  Jokowi yang dimaksud Rosan. Karena sebelumnya, lanjut dia, Rosan selalu mengatakan Munas di Bali beberapa waktu lalu ialah arahan Jokowi.

“Kami minta pemerintah berbudi untuk memberikan penjelasan arah pemaksaan pembatalan Munas oleh Mensesneg yang disampaikan Rosan agar dunia usaha memperoleh kepastian bahwa pemerintah serius dalam menjalankan Pemulihan Ekonomi Nasional, ” pungkasnya.

CNNIndonesia. com sudah menghubungi Rosan untuk mengkonfirmasi peristiwa tersebut. Namun, hingga informasi diturunkan, ia belum merespons.

[Gambas:Video CNN]

(wel/age)