Pengkhususan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Menggelincir 30 April

Jakarta, CNN Indonesia —

Toyota dan Daihatsu dipastikan bakal meluncurkan mobil kembar baru Raize   dan  Rocky pada 30 April. Dua mobil ini merupakan SUV ringkas yang ukurannya mirip Calya dan Sigra, namun lebih kecil dari Rush dan Terios.

Beda dibanding Calya dan Sigra serta Rush dan Terios  yang muat tujuh penumpang, Raize dan Rocky hanya muat lima pengikut. Konfigurasi itu membuatnya beriring-iring bersama model sejenis serupa Kia Seltos atau Nissan Magnite.

Berdasarkan informasi dalam Peraturan Mendagri Nomor satu Tahun 2021 tentang Biji Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), Raize dan Rocky memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1. 000 cc turbo dan 1. 200 cc.



Menurut spesifikasi di Jepang, mesin turbo 3-silinder satu. 000 cc itu memiliki 98 hp pada 6. 000 rpm dan torsi puncak 140 nm pada 2. 400- 4. 000 rpm.

Namun mesin 1. 200 cc mendapatkan teknologi 4-silinder, DOHC, dan Dual VVT-i. Dalam atas kertas mesin tersebut mampu melepas 86 hp pada 6. 000 rpm dan torsi puncak torsi 105 nm pada 4. 200 rpm.

Ada dua pilihan gigi untuk masing-masing model, yaitu manual 5-percepatan dan CVT.

Raize boleh jadi mobil mesin kecil secara turbo pertama Toyota pada Indonesia, sementara buat Daihatsu menjadi model kedua setelah Copen.

Rocky dan Raize merupakan mobil berpenggerak roda depan buatan lokal di pabrik Daihatsu. Kepastian ini didapat sebab kedua model masuk dalam daftar 29 mobil penyambut relaksasi PPnBM. Salah mulia syarat menerima insentif itu yakni mobil harus dibuat di dalam negeri dengan local purchase komponen minimal 70 persen.

Toyota Raize.   (Toyota)

Raize & Rocky merupakan mobil dengan dirancang menggunakan platform segar dari Daihatsu, yaitu Daihatsu New Global Artcithecture (DNGA). Sedangkan dimensinya panjang 3. 995 mm, lebar 1. 695 mm, dan agung 1. 620 mm.

Di Jepang Raize dan Rocky memiliki sebanyak fitur pembantu pengemudi sesuai Adaptive Cruise Control secara All Speed Tracking, Pola Bantuan Parkir, Fungsi Rujukan Tabrakan dan Fungsi Pengereman yang mampu mendeteksi pejalan kaki, serta Fungsi Pencegahan Start yang Salah secara kontrol pengereman (maju & mundur).

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]