PKS Desak Pemerintah Segera Vaksinasi 2 Juta Dosis bagi Hari

Jakarta, CNN Indonesia —

Ketua DPP PKS   Netty Prasetiyani mendesak pemerintah segera mewujudkan target dua juta ukuran vaksin Covid-19   per hari agar kekebalan kelompok atau herd immunity bisa cepat terwujud.

“Target dua juta dosis per hari kudu segera terealisasi agar kekebalan kelompok bisa cepat terbentuk, ” kata Netty pada keterangan tertulisnya, Selasa (29/6).

Netty menyebut percepatan vaksinasi ini sangat mendesak lantaran masih banyak masyarakat dengan bekerja di sektor-sektor istimewa belum terjangkau vaksinasi. Misalnya, calon pekerja migran Nusantara (PMI), guru dan gaya pendidik, serta ibu famili.


“Jika diperlukan, kantor-kantor PKS, jalan tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia siap menjadi tempat pemberian vaksin kepada masyarakat, ” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Joko Widodo menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 2 juta orang per hari tiba Agustus 2021. Pemerintah semenjak awal telah memasang tumpuan ambisius untuk menuntaskan vaksinasi pada akhir tahun tersebut.

Sebanyak 426 juta dosis vaksin telah dipesan sejak berbagai produsen vaksin global. Saat ini vaksin dengan sudah dipakai adalah Sinovac dan AstraZeneca.

“Saya berharap dimulai keadaan ini target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul-betul terus kita terbuka sampai nantinya bulan Juli. Nanti bulan Agustus akan kita beri target dua kali yang ada sekarang ini, ” kata Jokowi, Sabtu (26/6).

Pemerintah terus menggenjot vaksinasi Covid-19. Direktur Pencegahan serta Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut pihaknya bakal menggenjot vaksinasi lebih banyak lagi pada hari kerja.

“Jadi lestari didorong agar sampai satu juta dosis, ” perkataan Siti.

Apabila melihat perkembangan vaksinasi dalam empat minggu terakhir, terlihat capaian per pekannya mengalami kenaikan. Di periode 1-7 Juni misalnya capaian kumulatif vaksinasi baik dosis satu dan dua berjumlah 1. 927. 480 dosis.

Kemudian pada periode 8-14 Juni capaian vaksinasi mencapai 3. 067. 923 dosis. Morat-marit pada 15-21 Juni menyentuh 3. 546. 249 ukuran, dan pada pekan keempat atau 22-28 Juni capaian vaksinasi tembus 5. 015. 773 dosis dalam seminggu.

(dmi/fra)

[Gambas:Video CNN]