Trump Klaim Menang, Pence Bungkam perkara Kecurangan Pilpres

Trump Klaim Menang, Pence Bungkam perkara Kecurangan Pilpres

Jakarta, CNN Indonesia —

Kepala Amerika Serikat (AS)  Donald Trump kembali mengklaim kemenangan dalam Pilpres AS lewat Twitter. Trump belum mau mengakui keunggulan lawannya Joe Biden   dalam pesta demokrasi empat tahunan Negeri Paman Sam tersebut.

“Kita mau menang! ” cuit Trump melalui twitter pribadinya, Selasa (10/11).

Trump menambahkan: “Kami membuat kemajuan besar. Buatan mulai datang di minggu aliran. Buat Amerika hebat lagi! ”


Dalam kicauan yang lain, Trump menuding terjadi penyalahgunaan pem suara dalam Pilpres AS.

Sementara itu, mengutip CNN , Wakil Kepala AS Mike Pence tak menjawab pertanyaan tentang tuduhan kecurangan pilpres yang diklaim oleh Trump. Sejauh ini belum ada bukti kuat kecurangan dalam pemungutan suara.

Seperti diketahui, Trump menolak mengakui kemenangan Biden. Ia mengatakan Biden terlalu terburu-buru mengklaim kemenangan setelah jaringan televisi AS mengumumkan kemenangan Demokrat.

Trump beserta tim persuasi menegaskan bakal menempuh jalur lembaga untuk menolak hasil pilpres dengan memenangkan Joe Biden.

Ia dan timnya menuduh berlaku kecurangan di Pennsylvania dan negeri bagian lain yang memenangkan perolehan suara Biden. Namun, klaim itu dilontarkan tanpa bukti.

Berdasarkan hasil CNN Projection , Biden akan menjadi presiden ke-46 AS, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 pandangan elektoral yang dibutuhkan untuk lulus.

Biden sekarang mempunyai total 279 suara elektoral secara Donald Trump meraih 214 pandangan.

(AFP/CNN/fra)

[Gambas:Video CNN]