Tumpuan Medis Mulai Tiba di India buat Atasi Lonjakan Covid

Jakarta, CNN Indonesia —

Peti berisi ventilator dan konsentrator Oksigen dibanding Inggris tiba di bandara Delhi pada Selasa (27/4), menandai bantuan medis global pertama telah datang buat membantu  India mengatasi lonjakan tinggi kasus positif Covid-19.

Selain Inggris, negara seperti Amerika Serikat (AS), Prancis, Jerman, Kanada, serta Uni Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berjanji mau memberikan bantuan dengan segera ke India.

Presiden GANDAR Joe Biden sebelumnya sudah membuka izin ekspor 60 juta dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca.


Belum diketahui negeri mana yang akan mendapatkannya, namun kemungkinan besar India usai Biden sempat berbicara langsung dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sambungan telepon.

Prancis mengatakan akan menyampaikan delapan unit alat buatan oksigen, sekaligus penampungan serta respirator oksigen, ke India.

Uni Eropa menjelaskan pengiriman pertama sejak anggota mereka ke India akan dikirim ‘dalam beberapa hari ke depan’.

Bantuan itu berisi dari 365 ventilator & 700 konsentrator oksigen sejak Irlandia, 120 ventilator dari Swedia, 58 ventilator dari Luxembourg, 80 konsentrator oksigen dari Rumania, dan puluhan ribuan dosis remdesivir sejak Belgia dan Portugal.

Pada Selasa (27/4), India mencatat 350 seperseribu kasus positif baru di sehari. Hal ini mendatangkan angka kasus global menyentuh 147, 1 juta dengan catatan kematian 3, 1 juta orang di seluruh dunia.

AFP menjelaskan sebuah tempat parkir telah diubah menjadi krematorium darurat dengan uraian puluhan tumpukan kayu terbakar.

“Orang-orang wafat, meninggal, dan meninggal, ” kata Jitender Singh Shanty, koordinator yang melakukan kremasi sekitar 100 jasad mulai hari.

“Jika kami terus kedatangan jasad maka kami akan melayani kremasi di jalanan. Tak ada lagi ruang di sini, ” katanya sedang.

(fea)

[Gambas:Video CNN]