Whatsapp Punya Fitur Cepat Perintah Belanjaan ke Pasar Terdekat

Jakarta, CNN Indonesia —

WhatsApp   bikin sifat baru di Indonesia buat memudahkan pengguna chat serta berbelanja dari pedagang pasar terdekat.

Oleh karena itu pengguna cukup chat ke chatbot Whatsapp “Pasar JuWAra”. Pilih lokasi dan nanti akan diarahkan agar mampu chat dan memesan belanjaan dari pedagang pasar terdekat.

Pedagang dengan sudah terhubung dengan pembeli akan memberikan katalog jualan mereka dan pembeli susunan memesan barn

Program “Pasar JuWAra” dimulai sejak bulan April cerai-berai. Kini, 1. 130 pedagang dari 66 pasar dalam 25 kota Indonesia sudah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp. Pasalnya, pandemi menerbitkan omzet pedagang pasar tradisional turun.



“Saya hampir tidak pernah kedatangan pelanggan pada pasar karena pandemi, sehingga sangat berimbas ke perolehan saya. Namun, semua orang yang saya kenal memakai WhatsApp, jadi  saya jika berjualan di WhatsApp, ” kata Sriyani Wulan, distributor di Pasar Baru Mojokerto.

“WhatsApp Business memudahkan saya untuk berniaga karena saya hanya menetapkan menampilkan barang jualan beta beserta harganya dalam mulia katalog, kemudian pembeli bisa memesan langsung dari sana. Saya juga berharap chatbot ‘Pasar JuWAra’ bisa menimbulkan lebih banyak pelanggan, ” kataSriyani, pedagang di Rekan Baru Mojokerto seperti dikutip dari siaran resmi.

“Kita perlu bekerja sama untuk membantu usaha-usaha ini tetap bertahan & berkembang, salah satunya dengan program ‘Pasar JuWAra’ yang diinisiasi oleh WhatsApp serta UKM Indonesia, ” jelas Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Cara honorarium di pasar via Whatsapp:

1. Buat mencari pedagang terdekat, chat ke087775313357atau klik tautan  wa. me/6287775313357 di WhatsApp dan menyebut “hai”.
2. Penguna lantas diberi opsi untuk memilih pedagang berdasarkan kedudukan atau kategori produk.
3. Jika memilih bersandarkan lokasi, ketik 1 berarakan bagikan lokasi dengan mengklik tanda klip disebelah petunjuk kamera, dan pilih share my current location.
4. Pengguna kemudian diberikan link agar langsung terhubung kemudian akan diminta untuk memilih kategori produk serta membagikan lokasi, untuk dapat melihat daftar pedagang memutar relevan serta nomor WhatsApp Business mereka.
5. Setelah terhubung dengan distributor, pengguna akan langsung menyelap ke katalog dari Whatsapp Business pedagang dan mampu langsung memasukkan ke garing belanja.

Namun, saat dicoba pasar dengan tersedia di layanan ini masih sedikit. Sehingga, jalan masalah ongkos kirim mau jadi kendala berikutnya. Sebab, pasar yang tersedia dalam layanan ini jauh, tentu ongkos kirim jadi tak murah. Selain itu, pembalasan juga menjadi masalah berikutnya bagi pengguna yang berada jauh dari lokasi.

Untuk pengguna yang berada dekat dengan lokasi biasanya diantar oleh pedagang atau diambil langsung oleh pembeli, serupa diaku oleh salah seorang pedagang yang dihubungi, Rabu (30/6).

Sepanjang Mei, WhatsApp bekerja cocok dengan UKM Indonesia buat mendorong masyarakat berbelanja daripada pedagang pasar tradisional meniti WhatsApp dan membantu perekonomian Indonesia. Fasilitator lokal melatih dan mendampingi para pedagang agar dapat menyiapkan akun WhatsApp Business mereka.

Manajer Kebijakan Jemaah WhatsApp Indonesia Esther Samboh menyebut ke depan Whatsapp akan mendaftarkan lebih penuh pedagang ke chatbot tersebut.

(eks)

[Gambas:Video CNN]